Social Media
Minggu, 24 Januari 2016

Tips Merawat PC

Tips Merawat PC Agar Awet, Kali ini saya ingin memberikan tips mengenai cara merawat PC anda di rumah agar lebih awet. Anda mungkin termasuk orang yang cuek terhadap keadaan PC Anda di rumah. Merawat PC atau Komputer wajib dilakukan karena setiap kotoran yang masuk ke dalam casing komputer akan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya.
Alhasil komponen komputer Anda menjadi tidak Awet dan berumur pendek. Komputer wajib di bersihkan dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa Tips Merawat PC agar lebih awet dan komponennya berumur lebih panjang.

Pertama

Bersihkan bagian dalam PC (harus). Setidaknya satu bulan sekali anda harus membersihkan bagian dalam PC Anda. Kenapa? karena walaupun tertutup, pasti ada kotoran yang masuk ke dalamnya, yaitu partikel-partikel debu kecil yang lama-lama akan menumpuk di dalamnya. Ini harus, karena partikel debu tersebut bisa menyebabkan konsleting pada komponen PC. Lebih baik mencegahkan dari pada mengobati. 

Kedua

Tambahkan kipas pada cassing PC. Ingat kipas pada cassing lebih baik mengarahkan angin keluar, artinya membuang panas dari dalam PC. Jangan membaliknya, artinya memasukkan angin luar ke dalam. Kenapa? Karena pada kipas Procie dan VGA membuang panas keluar, jiks pada cassing kipas membawa angin dari luar ke dalam, panas akan terkumpul di dalam casing tidak bisa keluar, ya kalau angin dari luar terus dingin kalau panas juga! Hehehe
Kipas yang mengarah keluar lebih sedikit partikel debu yang masuk ke dalam PC. Kalau kipas anda mengarah ke dalam, jangka waktu 3 hari saja PC anda sudah penuh dengan debu (kipas yang mengarah keluar saja partikel debu masih bisa masuk, bagaimana kalau debunya yang disuruh masuk?) Hehehe.
Perlu diingat pada saat menambah kipas, perhitungan pemakaian listrik pada kipas berapa dan berapa kemampuan Power Supply dalam memasok listrik. Jangan berlebihan memasang kipas sehingga PSU tidak sanggup memberi pasokan listrik seluruh komponen PC.

Ketiga

Bongkar seluruh komponen PC dan bersihkan. Setidaknya 4-5 bulan sekali anda harus membongkar seluruh komponen dan membersihkan pin-pin yang terkoneksi ke motherboard, dan jangan lupa untuk memeriksa thermalpasta pada komponen yang memerlukannya. Contoh hardware yang menggunakan Thermal Pasta adalah Processor, GPU dan Chipset Mainboard.
Pada saat pemasangan, pastikan posisi harddisk dan DVD room dalam keadaan datar atau sejajar (jangan miring). Posisi miring memungkinkan terjadi gesekan piringan DVD maupun piringan Hard Drive. Jika piringan sudah tergores otomatis Anda harus mengganti dengan yang baru.

Keempat

Usahakan Processor dan VGA mendapatkan pendingin yang bagus. Komponen komputer yang menghasilkan panas paling besar adalah dua komponen tersebut. GPU dan Processor. Jadi usaha Anda menggunakan pendingin yang berkualitas, agar suhu komponen utama tersebut dapat terjaga.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar